Kunjungan BPFK-Jakarta Direktorat Fasilitas Pelayanan Kesehatan Kemenkes RI

BPFK RI

Dalam rangka menjaga kebenaran dan ketertelusuran hasil pengukuran nasional yang juga harus dilaksanakan oleh Balai Pengaman Fasilitas Kesehatan/ BPFK Jakarta, pada tanggal 10 Maret 2016 Puslit Metrologi-LIPI menerima kunjungan dari BPFK-Jakarta, Direktorat Fasilitas Pelayanan Kesehatan Kemenkes-RI, Peserta yang berjumlah 10 orang diterima langsung oleh Kepala Pusat Penelitian Metrologi – LIPI Dr. Mego Pinandito, M.Eng. dan segenap staf bidang mertrologi dan kerjasama.

Salah satu kompetensi yang dimiliki oleh BPFK adalah sebagai laboratorium dan pengujian untuk seluruh peralatan kesehatan yang digunakan oleh 2450 buah rumah sakit, lebih dari 10.000 Puskesmas dan klinik kesehatan lainnya di seluruh Indonesia, yang mutlak harus dapat memberikan kepastian kebenaran terhadap hasil pengukurannya sekaligus menjamin ketertelusuran hasil pengukuran tersebut ke standar Internasional melalui Puslit Metrologi-LIPI, agar masyarakat pengguna jasa layanan kesehatan dapat menerima mutu pelayanan kesehatan yang terbaik.

Terkait hal ini BPFK meminta dukungan/ kerjasama dengan Pusat Penelitian Metrologi – LIPI dalam rencana pengembangan laboratorium kalibrasi BPFK. Dalam kunjungan ini peserta berkesempatan mengunjungi laboratorium metrologi diantaranya Lab. Akustik dan Getaran, Lab. Massa, Lab. Kelistrikan dan Lab. Tekanan yang terkait langsung dengan dengan pelayanan kesehatan.

DokInfo / Jois, Juni 2016