ICONMET (International Conference on Metrology) – 2017

IconMet 2017

Pusat Penelitian Metrologi – LIPI (P2M – LIPI) telah menggelar sebuah konferensi internasional yang diberi nama ICONMET – 2017 (International Conference on Metrology – 2017). ICONMET merupakan konferensi internasional pertama di Indonesia dalam bidang metrologi dan teknologi pengukuran yang rencananya akan diselenggarakan setiap dua tahun sekali (biennial conference).

Tujuan diadakannya konferensi ini adalah sebagai ajang diskusi dan berbagi ilmu pengetahuan antar para praktisi metrologi baik dari kalangan akademisi, ilmuan, peneliti, engineer, produsen peralatan pengukuran maupun para pelajar dan mahasiswa di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi pengukuran. Disamping itu, ICONMET juga bertujuan untuk meningkatkan kerja sama ilmiah antar institusi metrologi baik dari dalam maupun luar negeri.

Pada pelaksanaan konferensi tahun ini, ICONMET menjadi bagian dari kegiatan Indonesia Science Expo (ISE) 2017 yang diselenggarakan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Emas LIPI yang ke-50. Dalam konferensi yang digelar selama dua hari pada tanggal 25 – 26 Oktober 2017 di Balai Kartini Jakarta tersebut, telah dipresentasikan 32 makalah ilimiah dari dalam dan luar negeri, selanjutnya melalui kerja sama antara P2M – LIPI dan IEEE Seksi Indonesia, makalah-makalah tersebut akan dipublikasikan di Prosiding IEEE (IEEE Xplorer).

Pada konferensi ini juga diselenggarakan ceramah ilmiah utama (keynote speech) dengan tema: Ensuring the Product Quality Through a Reliable Measurement yang diisi oleh para pakar dari institusi metrologi nasional dalam dan luar negeri, universitas dan industri, diantaranya: Prof. Ir. Jimmy Pusaka, M.Sc. dan Dr. Ghufron Zaid, M.Sc. dari Pusat P2M – LIPI, Dr. Yong-Gyoo Kim dari KRISS (Korea Research Institute of Standards and Science) Korea Selatan, Dr. Anton Widarta dari NMIJ (National Metrology Institute of Japan), Prof. Somsak Panyakeow dari Chulalongkorn University Thailand dan Mr. Teppei Tsuciya dari Toyo Tanso Corp. Jepang.

Informasi lebih lanjut dapat diperoleh melalui website: http://iconmet2017.metrologi.lipi.go.id

Kerjasama / Andi, Desember 2017