Pusat Penelitian Metrologi – LIPI Berpartisipasi Pada Indonesia Science Expo 2018

Indonesia Science Expo 2018

Indonesia Science Expo 2018

Pusat Penelitian Metrologi – LIPI kembali berpartisipasi pada acara Indonesia Science Expo (ISE) 2018. Acara tersebut berlangsung di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD selama 4 hari mulai tanggal 1 s.d 4 November 2018. Acara ISE dibuka oleh Presiden RI Bapak Ir. Joko Widodo.

Pada kegiatan tersebut, Pusat Penelitian Metrologi – LIPI turut serta pada kegiatan pameran hasil penelitian. Waktu Standar Indonesia menjadi salah satu objek yang menjadi bahan pameran pada kegiatan ISE 2018 tersebut. Sebagai satu-satunya pengelola waktu standar tertinggi yang tertelusur ke SI, Pusat Penelitian Metrologi – LIPI dituntut untuk senantiasa melakukan diseminasi IPTEK kepada masyarakat umum. Selain itu pada kegiatan ISE 2018, Pusat Penelitian Metrologi – LIPI juga berpartisipasi melalui acara lomba teriak bagi para pengunjung yang sebagian besar merupakan kalangan pelajar. Lomba ini ditujukan untuk mengukur kekerasan suara dari masing-masing individu yang dihasilkan dari hasil teriakan di depan microphone yang terhubung ke komputer sebagai pemroses hasil. Alat ukur microphone mengubah energi yang dihasilkan dari teriakan menjadi besaran listrik sehingga diketahui tingkatan kekerasan suaranya. Salah satu peserta dari lomba teriak ini adalah Rieke Diah Pitaloka yang merupakan Anggota DPR RI dan sekaligus menjadi duta LIPI.

Pada acara ISE 2018 ini, Pusat Penelitian Metrologi – LIPI juga memberikan penghargaan kepada para insan-insan berprestasi yang mengikuti kegiatan Lomba Karya Ilmiah Remaja (LKIR), International Youth Science and Innovation Fair (IYSF) dan National Young Inventors Award (NYIA). Penghargaan yang bernama Metrology Award ini diharapkan mampu memotivasi para peserta yang terdiri atas siswa dan siswi setingkat SMA dan SMP dari seluruh Indonesia agar terus berprestasi dan memberikan nilai positif bagi kemajuan Indonesia.