Diseminasi IPTEK Terhadap Mahasiswa Universitas Gajah Mada Melalui Kegiatan Laboratory Visit

Kunjungan UGM

Kunjungan UGM

Pada tanggal 12 Oktober 2018, Pusat Penelitian Metrologi – LIPI menerima mahasiswa dan dosen dari Universitas Gajah Mada (UGM), khususnya dari program studi Instrumentasi dan Metrologi. Para peserta yang melakukan kegiatan Laboratory Visit UGM tersebut berjumlah 70 orang.  Pada acara pembukaan yang dilaksanakan di Ruang Seminar Lantai 3 Gedung 420, Yuniar Restuwati, M.M selaku Kepala Bagian Tata Usaha memberikan sambutan kepada peserta Laboratory Visit.  Setelah acara sambutan dilakukan, Muhammad Haekal Habibie, M.Si selaku Kepala Subbagian Kerjasama memberikan pemaparan mengenai sekilas tentang Pusat Penelitian Metrologi – LIPI dan pengetahuan dasar mengenai Metrologi dan Pengukuran. Setelah itu dilakukan pemutaran video company profile dari Pusat Penelitian Metrologi – LIPI yang diakhiri dengan tepuk tangan dari para peserta. Acara pembukaan ditutup dengan penukaran plakat di antara Pusat Penelitian Metrologi – LIPI dan Universitas Gajah Mada.

Setelah acara pembukaan, para peserta Laboratory Visit dari UGM dibagi menjadi 7 kelompok untuk kemudian melakukan study tour ke 7 buah laboratorium metrologi fisik yang ada di Pusat Penelitian Metrologi – LIPI. Laboratorium yang dikunjungi antara lain: Laboratorium Metrologi Akustik Vibrasi, Laboratorium Metrologi Radiometri Fotometri, Laboratorium Metrologi Waktu Frekuensi, Laboratorium Metrologi Massa dan Turunannya, Laboratorium Metrologi Suhu, Laboratorium Metrologi Kelistrikan dan Laboratorium Metrologi Panjang.

Dari kegiatan Laboratory Visit UGM ini diharapkan selain menambah wawasan bagi para peserta dalam bidang ilmu pengukuran, juga dapat menanamkan sejak dini pentingnya alat ukur yang tertelusur ke SI dalam skema Ketertelusuran Pengukuran melalui proses kalibrasi.