Kegiatan Peer Review Lingkup Tekanan, Panjang Gelombang, Panjang dan Sistem Manajemen oleh Peer Reviewer Internasional

Peer Reviewer Internasional_2018

Peer Reviewer Internasional_2018

Telah dilakukan kegiatan Peer Review pada tanggal 27 s.d 29 Agustus 2018 di Puslit. Metrologi LIPI oleh Peer Reviewer internasional. Kegiatan ini merupakan salah satu bagian dari proses Accepting a Quality System antar Lembaga Metrologi Nasional di kalangan Asia Pasifik yang tertuang pada dokumen APMP-QS2.

Pada kegiatan ini terdapat 3 buah lingkup teknis yang ditinjau, yakni: lingkup kalibrasi Tekanan oleh Dr. Tawat Changpan sebagai reviewer, lingkup kalibrasi Panjang Gelombang oleh Dr. Youichi Bitou sebagai reviewer dan lingkup kalibrasi Panjang oleh Dr. Youichi Bitou sebagai reviewer. Selain itu dilakukan pula review terhadap sistem manajemen laboratorium berbasis standar ISO/IEC 17025:2017 oleh Drs. Dede Erawan, M.Sc sebagai reviewer sekaligus asesor kepala. Proses review dilakukan terhadap sistem manajemen laboratorium oleh karena untuk menjamin berjalannya proses transisi dari standar ISO/IEC 17025 dari versi 2005 ke versi 2017.

Dari kegiatan Peer Review ini diharapkan dapat: menambah Calibration Measurement Capabilities (CMC) yang terakreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional, menambah Calibration Measurement Capabilities (CMC) yang diakui secara internasional (terdaftar di Appendix C – KCDB), meningkatkan kepercayaan dan kepuasan pelanggan terhadap mutu layanan Puslit. Metrologi LIPI.