Pertemuan dan Presentasi Ilmiah (PPI) KIM ke-42 Mendukung Terwujudnya Ketahanan Energi Nasional

PPI Metrologi 42

Pertemuan dan Presentasi Ilmiah Kalibrasi, Instrumentasi dan MetrologiI (PPI KIM) merupakan agenda kegiatan tahunan yang dilakukan secara berkala rutin tanpa jeda, dimana penyelenggaraan kali ini untuk yang ke 42 kali.

Kegiatan ini merupakan ajang pertemuan antara para peneliti Puslit Metrologi-LIPI dengan stake holder dalam rangka mensosialisasikan hasil penelitian dan pengembangan terkini dibidang metrologi dalam meningkatkan mutu pengukuran di Indonesia yang bermuara pada meningkatnya daya saing produk nasional di pasar internasional.

Acara yang diselenggarakan selama dua hari 24 ~ 25 Mei di Hotel Grand Sahid, Jakarta Acara ini dibuka secara resmi oleh Prof. H. Mohamad Nasir,Phd.d (Menteri Ristek – Dikti , mengusung tema “Peran Metrologi Dalam Peningkatan Kualitas Energi Baru Terbarukan untuk mendukung terwujudnya Ketahanan Energi Nasional” Hadir sebagai pembicara utama dalam PPI ke 42 ini diantaranya, ) Kepala LIPI Prof. Dr. Ir. Iskandar Zulkarnaen,M.Sc., Kepala Badan Standardisasi Nasional (BSN), perwakilan dari kementerian Energi Sumber Daya Manusia (ESDM), Lembaga Elektronika Nasional (PT. LEN), Kalangan akademisi, Laboratorium kalibrasi dan Industri nasional. Dalam acara PPI kali ini dilaksanakan berberapa kegiatan diantaranya presentasi makalah hasil penelitian, workshop, pelatihan, dan pameran beberapa hasil penelitian bidang metrologi diantaranya , Realisasi Titik Triple Air, Time and Frekuensi (Waktu Standart Indonesia), Instrumentasi Kalibrator curah hujan, Pemantauan Pengelolahan dan distribusi air minum, system pengelolahan air yang mengandung logam berat dengan metoda elektrokoagulasi.

DokInfo / Jois, Juni 2016