Keikutsertaan Pusat Penelitian Metrologi – LIPI Pada PUSPIPTEK Innovation Festival 2018

Puspiptek Innovation 2018

Puspiptek Innovation 2018

Pada tanggal 27 – 30 September 2018 telah dilaksanakan acara Puspiptek Innovation Festival (PIF) 2018 yang bertempat di kawasan Puspiptek, Tangerang Selatan. Pada pelaksanaannya kali ini, kegiatan rutin tahunan yang diadakan oleh Kementrian Riset dan Pendidikan Tinggi tersebut memiliki tema “Innovation for All”. Acara PIF 2018 melibatkan segenap institusi/lembaga riset prestigious  dari Kementrian maupun Non-Kementrian yang  berlokasi di kawasan Puspiptek seperti LIPI, Batan, BPPT, LAPAN dan Kementrian Lingkungan Hidup.

Pusat Penelitian Metrologi sebagai lembaga penelitian yang berada di bawah LIPI dan berlokasi di kawasan Puspiptek, juga turut berpartisipasi dalam kegiatan PIF 2018 ini. Pusat Penelitian Metrologi-LIPI sebagai Lembaga Metrologi Nasional di Indonesia berpartisipasi pada kegiatan pameran di PIF 2018 dengan mengisi salah satu booth yang disediakan oleh panitia. Prototipe jam yang tersinkronisasi dengan Waktu Standar Indonesia dihadirkan pada kegiatan tersebut. Dengan mengusung tajuk Satu Nusa Satu Waktu, memiliki arti bahwa diseminasi nilai dari Waktu Standar yang dikelola Pusat Penelitian Metrologi perlu disebarluaskan ke seluruh penjuru negeri agar pengukuran yang melibatkan besaran waktu menjadi tertelusur ke SI.

Pada acara PIF 2018 kali ini juga diadakan acara internasional ASEAN India – Grassroots Innovation Competition yang diselenggarakan untuk pertama kalinya. Selain itu pada PIF 2018 juga dilaksanakan kegiatan Innovation Talk, Seminar, Workshop, Bazaar, Science Tour, Pameran Inovasi, dan Kids Science Project yang berguna untuk memeriahkan kegiatan Science tahunan terbesar di daerah Tangerang Selatan.