The 5th ASEAN EGM Meeting Simposium Internasional, Sosialisasi Metrologi dan Workshop Kalibrasi

Simposium Metrologi

Simposium Metrologi

Pada Tanggal 25 – 26 Oktober 2018, Pusat Penelitian Metrologi – LIPI melaksanakan kegiatan Simposium Internasional, Sosialisasi Metrologi dan Workshop Kalibrasi di hotel Alana, Daerah Istimewa Yogyakarta. Dalam upaya untuk lebih meningkatkan kontribusi LIPI terhadap peningkatkan daya saing produk industri nasional, dengan tema “Penguatan Infastruktur Metrologi Nasional untuk Daya Saing Bangsa dalam MEA” yang ditujukan untuk praktisi pengukuran dan kalibrasi. Selain itu, Pusat Penelitian Metrologi – LIPI juga menyelenggarakan pertemuan ASEAN Expert Group on Metrology (EGM) yang ke-5 yang dihadiri oleh para Direktur dari National Metrology Institute negara-negara ASEAN pada waktu dan tempat yang sama.

Rangkaian acara berlangsung selama 2 hari dan dihadiri oleh 170 peserta dari berbagai kalangan yaitu instansi pemerintah, laboratorium kalibrasi, laboratorium pengujian, universitas, rumah sakit, industri, dan juga hadir perwakilan dari Expert Group On Metrology (EGM). Acara ini dibuka oleh Pelaksana Tugas Kepala Pusat Penelitian Metrologi LIPI yaitu Dr. Ghufron Zaid, M.Sc dan dilanjutkan dengan paparan dari Dr. Mego Pinandito, M.Eng yang merupakan Deputi Bidang Jasa Ilmiah LIPI dan bertindak sebagai Keynote Speaker. Pada kegiatan ini yang menjadi Invited Speaker adalah ketua dari EGM yaitu Dr. Thomas Liew.

Sebagai suatu keniscayaan bahwa standardisasi produk yang salah satunya melalui proses kalibrasi peralatan ukur dan peningkatan kompetensi praktisi pengukuran, sangat berdampak signifikan terhadap  mutu produk yang dihasilkan. Oleh sebab itu melalui kegiatan ini diharapkan dapat lebih memberdayakan pihak-pihak terkait agar produk industri nasional dapat memiliki daya saing yang lebih tinggi di pasar global.