Sosialisasi Implementasi Zona Integritas (ZI) di Pusat Penelitian Metrologi LIPI

Sosialisasi ZI

Pembangunan Zona Integritas (ZI) untuk mewujudkan Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) di suatu instansi pemerintah merupakan suatu keniscayaan yang mutlak harus dilakukan saat ini, terkait dengan hal tersebut pada tanggal 22 bulan Mei 2016 kembali dilakukan sosialisasi pelaksanaan ZI di Puslit Metrologi-LIPI yang dilakukan oleh tim ZI yang diketuai oleh Dr. Sensus Wijonarko, tujuan sosialisasi ini diantaranya untuk memberikan keseragaman pemahaman dan tindakan dalam pembangunan ZI menuju WBK dan WBBM di Puslit Metrologi-LIPI.

Pada saat ini pembangunan ZI di Puslit metrologi-LIPI sudah pada tahap melakukan Manajemen Perubahan yang didalamnya mencakup pembentukan tim manajemen perubahan dengan menugaskan seluruh pejabat struktural dan beberapa staf terpilih untuk menjadi agen perubahan, dokumen rencana pembangunan ZI, pemantauan dan evaluasi ZI, dan langkah-langkah yang diambil dalam rangka melakukan perubahan pola pikir dan budaya kerja.

Puslit Metrologi juga sudah melaksanakan penataan tata laksana , penataan sistem manajemen SDM, penguatan akuntabilitas kinerja, penguatan pengawasan, peningkatan kuaitas layanan publik.

Pembangunan ZI ini salah satunya untuk memantapkan pelaksanaan Reformasi Birokrasi di Puslit Metrologi-LIPI untuk mewujudkan birokrasi yang bersih dan akuntabel, serta menciptakan iklim pelayanan kepada masyarakat yang lebih baik.

DokInfo / Jois, Juni 2016