e-Jurnal KIM LIPI


Selamat datang di Portal Publikasi Ilmiah Pusat Penelitian Kalibrasi Instrumentasi & Metrologi LIPI.

PPI KIM LIPI

Kebijakan Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) yang meminta negara-negara anggotanya termasuk Indone-sia untuk menghilangkan hambatan non-tarif perdagangan (TBT Agreement, Technical Barriers to Trade) mem-persyaratkan bahwa regulasi teknis nasional dalam bidang metrologi harus transparan dan tidak diskriminatif terhadap semua pihak yang terlibat dalam transaksi komersial. Kondisi ini hanya dapat dicapai jika kesepakatan khususnya di bidang perdagangan yang didasarkan pada standar-standar sudah diharmonisasikan. Dengan perkataan lain, terjalin komunikasi yang sinergis dan produktif antara lembaga yang berwenang didalamnya.

Berdasarkan alasan di atas, maka NMI Indonesia perlu dibentuk untuk menjamin kesinambungan sistem penyelenggaraan metrologi di forum Internasional, sehingga kredibilitas pengukuran di Indonesia akan semakin baik dan mendapatkan pengakuan dari masyarakat internasional. Selain itu akan tercipta pengelolaan metrologi nasional secara terpadu dan memiliki kepastian hukum serta jaminan kebenaran sistem ketertelusuran pen-gukuran dari masyarakat sampai ke standar nasional dan internasional.

Dalam rangka menjalankan fungsi sebagai pengelola teknis ilmiah Standar Nasional untuk Satuan Ukuran (SNSU) atau lebih dikenal dengan lembaga metrologi nasional (LMN) maka Puslit KIM LIPI bermaksud menye-lenggarakan Pertemuan dan Presentasi Ilmiah Kalibrasi Instrumentasi dan Metrologi (PPI-KIM) ke-39 pada tahun 2013 ini dengan tema “Penguatan Infrastruktur Metrologi Untuk Meningkatkan Keberterimaan Produk Nasional Di Perdagangan Global”.

Lihat Jurnal | Terbitan Terkini | Daftar

Jurnal Instrumentasi

Instrumentasi merupakan jurnal ilmiah yang berisi karya ilmiah berstandar tinggi , yang diterbitkan 2 kali per tahun oleh Puslit KIM-LIPI yang bekerjasama dengan Himpunan Instrumentasi Indonesia (HimII). Jurnal ini memiliki ruang lingkup instrumentasi, ilmu pengukuran, testing dan kontrol.

Lihat Jurnal | Terbitan Terkini | Daftar