Tentang Puslit Metrologi LIPI

Pusat Penelitian Metrologi (Puslit Metrologi) LIPI adalah salah satu pusat di bawah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, yang didirikan pada tanggal 1 Juni 1967 di Bandung dengan nama Lembaga Instrumentasi Nasional (LIN-LIPI).

Sejalan dengan pertumbuhan infrastruktur IPTEK nasional, sejak tahun 1984 LIN-LIPI  mendapat kesempatan untuk pindah dan memanfaatkan sarana dan fasilitas penelitian ilmu pengetahuan dan teknologi di kawasan PUSPIPTEK Serpong, Pada tahun 1989 LIN-LIPI  berubah namanya menjadi Pusat Penelitian dan Pengembangan Kalibrasi, Instrumentasi dan Metrologi (PUSLITBANG KIM-LIPI).

Berdasarkan Keputusan Presiden nomor 43 tahun 2001 , maka PUSLITBANG KIM-LIPI berubah menjadi Pusat Penelitian Kalibrasi, Instrumentasi dan Metrologi (PUSLIT KIM-LIPI).

Dalam rangka pelaksanaan reformasi birokrasi yang salah satu hakikatnya merupakan upaya untuk melakukan pembaharuan dan perubahan mendasar terhadap sistem penyelenggaraan pemerintahan terutama menyangkut aspek-aspek kelembagaan (organisasi), ketatalaksanaan dan sumber daya aparatur pemerintah, serta dengan dilatarbelakangi oleh pesatnya kemajuan ilmu pengetahuan dan  teknologi dan perubahan lingkungan strategis, menuntut birokrasi pemerintahan untuk direformasi dan disesuaikan dengan dinamika tuntutan masyarakat. Oleh karena itu harus segera diambil langkah-langkah yang bersifat mendasar, komprehensif, dan sistematik, sehingga tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan dapat dicapai dengan efektif dan efisien.

Terkait hal tersebut, pada tahun 2014 ini Puslit KIM-LIPI telah melakukan restrukturisasi sedemikian rupa sehingga terjadi beberapa perubahan signifikan diantaranya sesuai SK. Kepala LIPI No. : 648a/M/ 2014 tentang Nomenklatur Satuan Kerja di Lingkungan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, pada tanggal 24 Juni 2014 nama Puslit Kalibrasi, Instrumentasi dan Metrologi –LIPI berubah menjadi Pusat Penelitian Metrologi-LIPI, salah satu tujuannya adalah untuk lebih memfokuskan kompetensi utama lembaga hanya dalam bidang metrologi.

Secara khusus dalam bidang metrologi, Puslit Metrologi LIPI mendapat amanat dari Pemerintah sebagai Pengelola Teknis Ilmiah Standar Nasional untuk Satuan Ukuran (SNSU) atau yang dalam konteks global dewasa ini dikenal dengan sebutan Lembaga Metrologi Nasional, yang di dunia internasional dikenal sebagai National Metrology Institute (NMI). Karena keberadaan infra struktur metrologi yang melaksanakan fungsi sebagai pengelola SNSU. seperti Puslit Metrologi-LIPI adalah menjadi sedemikian stategis dan sangat penting jika dikaitkan dengan dinamika regulasi internasional dalam hal tata perdagangan dunia, hal ini menuntut pengelolaan metrologi yang lebih fokus lagi melalui penelitian dan pengembangan sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terkini untuk dapat memberikan dukungan yang optimal terhadap sektor industri barang dan jasa nasional dalam menghadapi tantangan sekaligus meraih peluang bagi Indonesia dalam memasuki pasar bebas baik regional maupun internasional.

Pusat Penelitian Metrologi mempunyai tugas melaksanakan penyiapan bahan perumusan kebijakan, penyusunan pedoman, pemberian bimbingan teknis, penyusunan rencana dan program, pelaksanaan penelitian dan pelayanan kalibrasi, instrumentasi dan metrologi serta evaluasi dan penyusunan laporan.

Dalam melaksanakan tugas tersebut, Pusat Penelitian Metrologi menyelenggarakan fungsi :

  • Penyiapan bahan perumusan kebijakan penelitian dan pelayanan kalibrasi, instrumentasi dan metrologi;
  • Penyusunan pedoman, pembinaan dan pemberian bimbingan teknis penelitian dan pelayanan kalibrasi, instrumentasi dan metrologi;
  • Penyusunan rencana, program, serta pelaksanaan penelitian dan pelayanan kalibrasi, instrumentasi dan metrologi;
  • Pemantauan pemanfaatan hasil penelitian bidang kalibrasi, instrumentasi dan metrologi;
  • Pelayanan jasa ilmu pengetahuan dan teknologi bidang kalibrasi, instrumentasi dan metrologi;
  • Evaluasi dan penyusunan laporan penelitian dan pelayanan kalibrasi, instrumentasi dan metrologi;
  • Pelaksanaan urusan tata usaha.

Struktur Pusat Penelitian Metrologi terdiri dari:

  1. Bagian Tata Usaha
  2. Bidang Metrologi Mekanik
  3. Bidang Metrologi Elektro Optik
  4. Kelompok Penelitian.